Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Kamis, 13 Juli 2017

Review Maskapai Penerbangan Umroh (LION AIR)

Review Maskapai Penerbangan Umroh  (bagian 1)
LION AIR
Salam…apa kabar rekan umroh traveler? Semoga baik dan berada dalam lindunngan-Nya.  Kali ini admin ingin membahas maskapai penerbangan yang digunakan untuk umroh, sebagai pengalaman, admin hampir sudah merasakan pelayanan semua maskapai yang digunakan untuk umroh dari yang murah meriah sampai harganya paling tinggi, setidaknya dari Air asia (QZ), Lion air (JT), oman airways (WY), Malaysia airlines (MH), Ettihad airways (EY), qatar airways (QR), garuda indonesia (GA) sampai saudia airlines (SV). Yang ingin kali ini admin bahas yaitu Lion Air (JT).
Jenis Pesawat & interior
Admin pakai maskapi Lion air untuk umroh pertama kali pada bulan Januari 2015, dengan no flight JT 110 CGK-JED untuk keberangkatan dan JT 111 JED-CGK untuk kepulangan, pesawat yang digunakan berjenis B 747-400. Pesawat ini termasuk pesawat produksi lawas yang direkondisi mesin dan interiornya. Interior pesawat tampak biasa saja, menyiratkan interior yang sudah berumur, ada IFE tapi tidak nyala, penumpang hanya melamun saja sepanjang perjalanan, tapi sekitar pertengahan perjalanan projektor yang ditempel ditengah dinyalakan, hanya menampilkan peta posisi pesawat dan rute yang dilalui-lumayanlah daripada bengong 9 jam-. Cuma waktu berangkat agak delay 2 jam, dikasih roti sama air mineral buat tahan lapar. Jok nya cukup nyaman, empuk lah lumayan, jarak antar kursi juga standar, bisa selonjoran kebawah, untuk ukuran orang indonesia sih cukup lega.
Menu Makanan
Makanan yang disajikan cukup enak, tidak asing dilidah kita orang indonesia, mungkin karena penerbangan waktu berangkat katering pesawat dari indonesia. Makan dan minum cukup mengenyangkan, makan dua kali, pertama ketika pesawat baru terbang sekitar satu jam, kemudian satu jam menjelang mendarat di Jeddah. Pelayanan pramugari cukup ramah, walau kadang agak jutek kalau banyak request..hehe..pramugari berkerudung dengan lengan panjang dan berpakaian sopan. Penerbangan ketika berangkat cukup penuh, karena rute nya CGK-JED, hampir dipastikan semua penumpang adalah jamaah umroh dari berbagai travel, kapasitas pesawat kira2 sampai  450an lebih, dengan konfigurasi jok 3-4-3,  
Nah, sejak tahun 2016, Lion air menggunakan pesawat baru dengan jenis Airbus A330, dengan kapasitas sekitar 400an, tapi tetap saja tanpa IFE-yah..siap2 melamun selama 9 jam- . tapi pesawatnya baru nih ..
Harga
Dari segi harga Lion air cukup bersaing (murah), dengan kelebihan penerbangan langsung CGK-JED harganya pada low season bisa dibawah USD900an untuk penerbangan return. Kalau masuk high season bisa diatas USD 1000..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar