Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Jumat, 27 Januari 2012

Tahun Depan Pantauan Jamaah Risti akan Diperketat



REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Menanggapi meningkatnya angka kematian jamaah haji Indonesia tahun ini, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah, Arsyad Hidayat, mengatakan pada musim haji tahun depan pantauan terhadap jamaah haji yang masuk dalam golongan usia lanjut atau resiko tinggi (risti) akan diperketat. Nantinya akan dicoba agar tak ada lagi kloter yang didominasi jamaah risti.
‘’Selama ini ada kecenderungan menumpuk jamaah risti pada kloter tertentu, misalnya kloter yang datang lebih akhir. Nah, kini akan dicoba proporsinya lebih seimbang. Tak ada lagi kloter yang didominasi jamaah risti. Ini salah satu antisipasinya,’’ kata Arsyad, seperti dilaporkan wartawan Republika Muhammad Subarkah
Selain itu, juga akan dicoba agar setiap jamaah haji risti ada pendampingnya yang berasal dari keluarganya. Ini agar mereka tidak terlantar dan ada yang mengurusnya secara lebih serius selama di Tanah Suci. ‘’Pemikiran seperti ini muncul setelah melakukan evaluasi terhadap keberaan jamaah haji risti tersebut,’’ ujarnya.
Menurut Arsyad, tidak mungkin risti dilarang naik haji. Mereka sebenarnya sudah berniat haji sejak muda. ‘’Pada usia 60 tahun ongkos naik haji itu baru bisa mereka kumpulkan,” ujarnya.
 KBIH Al-Khoiriyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar