Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Senin, 10 Oktober 2011

Selama Berhaji, Para Jamaah Akan Terima Kartu Cerdas


REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Setiap jamaah yang tiba di bandara, pelabuhan atau pos perbatasan akan menerima kartu cerdas digital. Di kartu itu, tersimpan semua informasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Asosiasi Kendaraan Umum (CGS) Saudi, Kamis (6/10).
Layanan peta digital juga akan diluncurkan untuk memantau bus melalui internet. Dengan peta ini, memungkinkan untuk mendeteksi masalah teknis, kerusakan dan bisa memantau bis mematuhi rute yang ditugaskan kepada mereka. Hal ini dilakukan untuk mengawasi 17 perusahaan yang menyediakan layanan transportasi sebanyak 19.000 bus selama musim haji.
Semua itu dilakukan karea CGS ingin meminimalisir kerusakan bus dan menghemat waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan jika ada kerusaakan. CGS merencanakan akan mengoperasikan 120.000 perjalanan Makkah ke Madinah bagi para jamaah haji.
Rencananya, 20.000 pengawas akan tertibat dalam operasi ini, selain anggota administrasi dan teknis, sopir dan teknisi perawatan bus. Fokus utama rencana transportasi ini untuk memastikan para jamaah melaksanakan ibadah haji dengan mudah, nyaman dan tenang.
Di Al-Shumaisi, jumlah petugas dari departemen paspor telah ditingkatkan agar lebih efisien membantu memeriksa identitas pengendara, mengatur lalu lintas dan menangkap jamaah ilegal. Hal ini sangat membantu menghemat waktu di pos pemeriksaan.
Sementara itu, di Makkah, juga telah disediakan awak wanita terlatih untuk memeriksa para jamaah wanita. Staf yang terlatih, alat yang modern sudah siap menjamin penyelesaian prosedur masuknya jamaah haji dengan mudah dan nyaman. Agar lebih aman, semua orang yang masuk akan diambil sidik jarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar