Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Selasa, 24 April 2012

Peminat Umrah Meningkat


Doc. KBIH Al-Khoiriyah
JAKARTA — Calon jamaah peminat ibadah umrah pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sebagai akibatnya, jadwal keberangkatan Maret mengalami over permintaan dari jumlah kuota yang ada.  ”Tahun ini memang betul adanya peningkatan. Peminatnya memang besar,” kata Direktur Pembinaan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Ahmad Kartono.
Penegasan dari Kartono ini sejalan dengan pernyataan dari Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), Baluki Ahmad. Baluki mengatakan, untuk jadwal kepergian ibadah umrah pada Maret memang sudah penuh. Aktifitas tersebut sudah mulai terlihat sejak Januari ini. Meski Maret sudah dinyatakan penuh, namun untuk jadwal keberangkatan Februari justru mengalami situasi yang sebaliknya. ”Kelihatannya memang ada rasa ketakutan untuk awal Februari ini karena mereka cemas dengan masalah pengurusan visa sehingga semuanya menumpuk pada Maret,” ujarnya.

Kartono juga mengatakan, penumpukan pada Maret itu memang menjadi hal yang wajar. Para pengelola travel umrah, kata dia, sepertinya berupaya untuk mengantisipasi perubahan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi Arabia. Hingga saat ini, dia sendiri masih belum mengetahui apakah akan ada perubahan kebijakan atau tidak dari pemerintah Saudi. Sementara itu berdasarkan data dari biro perjalanan haji dan umrah yang tergabung di dalam Himpuh, Baluki mengatakan, jadwal umrah pada Maret-April telah menyerap sekitar 40 persen dari total jamaah pada tahun ini.

Ia memperkirakan, tahun ini jamaah umrah yang akan pergi ke Tanah Suci akan lebih dari 300 ribu jamaah. Dibandingkan dua tahun sebelumnya, jumlah tersebut mengalami peningkatan yang besar. Ia mengungkapkan, jumlah jamaah umrah pada 2011 sekitar 260 ribu. Sedangkan data yang diungkapkan oleh Kementerian Agama lewat Kartono, jumlahnya ada sebanyak 295 ribu. Lalu untuk 2010, Baluki mengungkapkan, total jamaah yang beribadah umrah ada sekitar 180 ribu orang. Sementara dari dari Kementerian Agama melansir sebanyak 250 ribu.

sumber: jurnalhaji.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar