Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Rabu, 18 April 2012

Tiga maskapai Akan Layani Penerbangan Haji 2012


Jakarta (Pinmas)-- Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, tiga maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Batavia Air, dan Saudi Arabia Airlines, akan melayani transportasi haji 2012.

"(Proses) sudah selesai. Jadi tinggal tiga (maskapai) itu," kata Suryadharma ketika ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/4).

Suryadharma mengatakan, keikutsertaan pihak Arab Saudi dalam penyediaan jasa transportasi haji disebabkan oleh kesepakatan yang telah berlaku selama ini.

"Kalau Arab Saudi sepertinya wajib diikutsertakan karena kita menganut asas reprosikal, jadi kalau kita kirim WNI untuk satu negara maka maskapai penerbangan dari negara itu diberikan kesempatan untuk berpartisipasi," katanya.

Menurut dia, ketiga maskapai itu nantinya akan berbagi kuota penerbangan jemaah haji.

Saudi Arabia Airlines mendapatkan jatah penerbangan 48 persen, sedangkan Garuda Indonesia dan Batavia Air akan melayani 52 persen penerbangan.

Menag tidak merinci jumlah total penerbangan haji pada 2012. Suryadharma juga belum bersedia menjelaskan format pembiayaan penerbangan tersebut. (ant)

sumber : Web Haji Kemeang RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar