Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Rabu, 25 Juli 2012

KAPASITAS MASJIDIL HARAM BERTAMBAH 200.000 JEMAAH

Masjidil Haram


Jakarta, 25/7 (Sinhat) - Kapasitas Masjidil Haram kini bertambah 200.000 jemaah, kata Syeikh Abdul Rahman Al-Sudais, Kepala Badan Urusan Dua Masjid Suci di Mekkah.
          Hal ini menyusul intruksi Raja Abdullah bin Abdul Aziz untuk membuka  lantai dasar Masjidil Haram yang merupakan bagian proyek perluasan Raja Abdullah yang sudah rampung, kata siaran pers dari KJRI Jeddah yang diterima ANTARA Selasa (24/7).
           Untuk melengkapi kebutuhan jemaah, ia menambahkan bahwa sebanyak 12.500 toilet  akan dibangun.
Sementara itu menurut harian Al-Madinah, Al-Sudais mengatakan bahwa pembangunan teras, jembatan dan fasilitas lain akan rampung dalam waktu dekat.
        Sistem mekanik dan elektrik  berteknologi tinggi digunakan dalam penyelesaian proyek ini. Halaman Masjid yang baru dapat mengakomodasi ratusan ribu jamaah saat bulan suci dengan penambahan papan larangan merokok dan berjualan di sekitar masjid.
      Sistem pendingan ruangan di lantai dasar juga telah rampung. Sebanyak 250 kipas angin telah dipasang. Untuk mempercepat proyek ini, sebanyak 8000 pekerja dikerahkan yang bekerja siang dan malam.
     Bukan hanya pembangunan fisik saja namun pihaknya juga telah menyediakan para pemandu dan ulama yang siap menjawab pertanyaan jamaah. Ulama terkemuka termasuk diantaranya anggota Komisi Ulama Senior memimpin acara pengajian di dalam Masjidil Haram.
     Ditanya tentang masa depannya sebagai Imam dan khotib di masjidil haram paska penunjukkannya sebagai Kepala Baadan Dua Masjid Suci, ia menjawab bahwa kedudukan sebagai Imam dan Khotib merupakan tugas yang sangat mulia dan penuh tanggungjawab. Kedua tugas tersebut mempunyai misi yang sangat besar yang membutuhkan tanggungjawab dan kerja keras. Masyarakat tidak mengijinkan dirinya melepaskan posisi sebagai imam.
     Dari pantauan langsung ke Masjidl Haram dini hari tadi (4 Ramdhan), menurut staf  KJRI JeddahAbdullah M Umar, situasi berjalan lancer meskipun tidak kurang dari 1 juta jamaah memadati masjid untuk sholat taraweh dan umroh.
     Sebanyak 798 personil pria dan wanita mengamankan 176 pintu masuk menuju haram. sebanyak 18 pintu masuk bagi orang berkebutuhan khusus.
    Seperti biasa untuk menjaga kebersihan dna keteriban petugas keamanan melarang masuknya tas apapun, makanan minuman, botol (penuh atau kosong), kereta bayi. Untuk membantu jamaah safty box tersedia untuk menyimpan barang berharga.
Jalan dari kota Jeddah menuju Mekkah terlihat lancar kendaraan yang supirnya berpakaian ihram tidak diperkenankan untuk masuk sampai haram, kendaraanya harus di parkir di lapangan setelah Syumaisi dan menuju Haram menggunakan bus dengan biaya SR 5 (lima real) perorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar