Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Rabu, 09 Januari 2013

Menag: Pelayanan Haji Selalu Meningkat


Padang (Sinhat)-- Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan pelayanan haji oleh Kementerian Agama dari tahun ke tahun selalu meningkat. Karena itu dia tidak sependapat apabila pelayanan bagi umat untuk menunaikan rukun Islam kelima dilakukan oleh sebuah badan khusus.
“Saya siap mundur bila memang badan khusus urusan haji dibentuk. Saya tidak paham dengan gagasan itu, kalau ada yang paham, tolong undang saya berikan penjelasan secara menyeluruh. Sedikit pun saya tidak melihat keunggulan dari gagasan itu," kata Menag saat membuka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 67 di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat, Minggu (6/1).
Wacana pembentukan badan khusus urusan haji digulirkan oleh pihak-pihak yang menilai pengelolaan haji di bawah Kementerian Agama masih dianggap kurang profesional dan transparan. "Kemenag sudah puluhan tahun urusin haji, dianggap tidak profesional?" tandas Menag.
Ia menyatakan, bila Kemenag dianggap tidak profesional, pihaknya tidak akan melakukan pengelolaan haji dan silahkan bikin badan khusus yang harus merekrut orang baru.
Dengan membuat badan khusus, katanya, berarti harus merekrut orang baru yang profesional, namun siapa yang akan bayar tenaga baru itu. Kemudian, akan dibangun kantor di 33 provinsi, namun siapa yang membangun sebanyak itu?
Menurut Menag, sekarang Kemenag sebagai penyelanggara haji, Menterinya sudah dibayar menggunakan APBN, demikian pula kantor wilayah dan lain-lainnya. "Walau badan khusus itu bertanggungjawab terhadap Menteri Agama, saya mundur, andai bertanggungjawab kepada Presiden, saya mundur," ucapnya.
Ia juga siap mundur bila terbukti ditemukan dana pengelolaan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp 80 triliun.
Ia menyatakan janjinya akan dua hal tersebut, karena menurutnya dirinya merasa bersalah secara historis di Kementerian Agama bila Kemenag dianggap tidak profesional dan terbukti menyelewengkan dana haji. (ks)

Dibaca : 1300 kali | Sumber : | File :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar