Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Minggu, 20 November 2011

Masih Banyak Jamaah yang Membandel

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH – Meski sosialisasi larangan membawa air zamzam dalam tas bawaan telah dilakukan, masih saja banyak jamaah haji Indonesia yang membandel. Dalam pemeriksaan terhadap barang bawaan para jamaah di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Senin (14/11) sore waktu setempat, ditemukan masih banyak jamaah yang membawa zamzam di tas mereka.
Seperti dilaporkan wartawan Republika Muhammad subarkah, air Zamzam ada yang disembunyikan di balik sajadah, buntelan pakaian, atau ada juga yang melapisi botol minuman yang berisi air Zamzam itu dengan lakban. Meski begitu, ulah ini tetap saja diketahui petugas dan Zamzam pun dikeluarkan dari tas.
Pemeriksaan dilakukan sekitar tujuh  orang petugas Saudia Airlines sesaat sebelum para jamaah masuk ke bagian imigrasi. Sejumlah tas yang membawa air zamzam dibuka paksa, dikeluarkan, dan dimasukkan ke dalam troli yang sudah disiapkan.
Tak hanya air zamzam, barang yang melebihi batas kuota bawaan, yaitu tujuh kilogram, juga diminta petugas untuk dikeluarkan dari tas. Akibatnya, banyak jamaah yang memelas dan memohon agar barang bawaanya bisa dibawa. Namun, petugas bergeming dan tetap tidak mengizinkan.
Melihat ketatnya pemeriksaan itu, banyak jamaah yang membuang Zamzam mereka sebelum pemeriksaan karena khawatir tas dan barang bawaan mereka juga dicomot petugas. Ada juga jamaah yang mengeluarkan sejumlah pakaian dari dalam tas, dan mengenakannya berlapis-lapis agar barang bawaan mereka selamat dari pemeriksaan.
Sebagaimana lazimnya, setiap kali penerbanagan, petugas Saudia Airlines memeriksa barang bawaan jamaah untuk memastikan isinya. Terutama adanya ketentuan bahwa zat cair dalam jumlah banyak tidak boleh dimasukan dalam bagasi. Bila ditemukan, maka benda itu akan dikeluarkan untuk dikirim melalui paket.
Namun, karena pada kloter-kloter sebelumnya ada jamaah yang menyelipkan Zamzam di tas jinjing, para jamaah berikutnya pun ikut-ikutan. Mereka mengaku tidak tahu adanya aturan tentang membawa Zamzam dalam tas.
www.jurnalhaji.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar