Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Sabtu, 22 September 2012

Menag Minta Jamaah Meningkatkan Kesabaran



Jakarta: Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, minta jamaah haji untuk memahami kondisi kedaruratan dalam menjalankan ibadah di Tanah Suci, khususnya pada puncak ritual haji di Makkah.

Karena itu, pihaknya meminta agar jamaah meningkatkan kesabaran selama berada di Tanah Suci. Hal itu disampaikannya saat melepas kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji JKG I dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Jumat (21/9).

Ikut melepas Kloter pertama nasional itu antara lain Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan, Ketua Komisi VIII DPR Ida Fauziah, Dirut PT Garuda Emirsyah Satar, para pejabat dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM.

Ia menjelaskan, yang dimaksud kondisi kedaruratan adalah memahami keadaan yang berbeda dengan di Tanah Air. Jika di tanah air untuk mandi dapat dilaksanakan tanpa mengantre, sedangkan di sana harus menyesuaikan diri dengan antre dalam berbagai hal. Kondisi kedaruratan semacam ini harus dipahami dengan cara meningkatkan kesabaran,.

Suryadharma Ali mengatakan, pemerintah telah berupaya meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji di Arab Saudi, terutama pondokan di Makkah. Tapi untuk musim haji 2012 ini, upaya mendekatkan pondokan dengan Masjidil Haram tak bisa dilakukan lagi seperti tahun lalu.

Pasalnya, pondokan haji yang dulu berjarak 2,5 km dinilai terjauh kini tergolong paling dekat. Hal ini sebagai konsekuensi dari dampak perluasan Masjidil Haram. Bangunan hotel terdekat sudah tak ada lagi karena dibongkar.

Pihaknya juga meminta jamaah untuk tidak ragu mendatangi pusat kesehatan haji bila merasa tak sehat. Di sana pelayanan kesehatan beroperasi selama 24 jam. “Uang jangan disayang hanya karena untuk membeli oleh-oleh,” kata Menag yang disambut tawa hadirin.

Pada akhir pengarahannya, Menag mengimbau jemaah haji untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di Tanah Suci. Menjaga kehormatan bangsa, kata dia, amat penting selama menunaikan ibadah haji.(ant)
 

Dibaca : 1074 kali | Sumber : | File :

sumber : infohaji.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar