Kelompok Bimbingan Ibadah Haji & Umroh (KBIHU) Al-Khoiriyah

Rabu, 12 September 2012

Tips Nyaman Beribadah Haji dan Umrah


REPUBLIKA.CO.ID, Setiap jamaah haji dan umrah yang datang ke Tanah Suci secara umum membawa niat untuk beribadah dan memenuhi panggilan Allah SWT. Agar nyaman dalam beribadah, ada beberapa hal yang segogyanya diperhatikan. Berikut tips selama berada di Tanah Suci;
1. Jangan tergantung pembimbing. Jika ingin memberbanyak ibadah fardhiyah seperti membaca Alquran, berzikir, membaca buku-buku keagamaan, dan hal-hal lain yang bersifat pribadi, jangan menunggu instruksi dari pembimbing.
2. Mantapkan tata cara berhaji. Berilmu sebelum beramal adalah sesuatu yang mutlak keharusannya dalam beribadah. Demikian juga dengan ibadah haji dan umrah. Sebelum berangkat, pastikan anda sudah mengetahui seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Hal ini selain akan memudahkan anda dalam menjalani ibadah tersebut, juga akan menghindarkan perilaku-perilaku bid’ah yang tidak berdasar dan asal ikut-ikutan saja.
3. Hafalkan doa-doa. Sebenarnya tidak seluruh tempat-tempat dan waktu-waktu manasik mempunyai doa-doa khusus. Namun doa-doa yang masyru’ dan mempunyai landasan dalil yaitu hadis dari Rasulullah SAW, hendaklah dihafal. Seperti doa ketika melihat ka’bah, doa mencium hajar aswad, memulai sai, dan lain sebagainya.
4. Buatlah kelompok kecil. Rombongan haji atau umrah yang teralalu banyak akan menyulitkan dalam pengkoordiniran anggota. Demikian juga jika jamaah haji yang menjalani rangkaian manasiknya sendiri-sendiri. Tentu lebih tidak memungkinkan lagi. Beribadah sendiri di tempat yang baru dengan cara yang baru.
Tindakan yang terbaik adalah membagi jamaah haji atau umrah kepada kelompok-kelompok kecil yang dikomandoi oleh seorang yang berpengalaman. Jumlah anggota jangan terlalu banyak. Misalkan, maksimal delapan sampai sepuluh orang. Hal ini akan lebih mudah untuk menggoordinir dan membatu jamaah dalam melaksanakan manasik hajinya.
sumber : jurnalhaji.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar